Analisis Lima Persaingan Menurut M Porter pada Perusahaan Kosmetik Makarizo

Kamis, 15 April 2010

Analisis Lima Persaingan Menurut M Porter pada Perusahaan Kosmetik Makarizo

Analisis Lima Kekuatan Porter adalah Suatau kerangka kerja untuk analisis industri dan pengembangan strategi bisnis yang dikembangkan. ada lima kekuatan yang menentukan intensitas persaingan dalam suatu industri, yaitu


1. Ancaman Produk Pengganti.

Keberadaan produk diluar bidang batas produk umum meningkatkan kecenderungan pelanggan untuk beralih ke alternatif.


2. Ancaman Pesaing.

Menguntungkan pasar mengakibatkan banyak pendatang baru yang pada kahirnya akan mengurangi profitabilitas.


3. Ancaman Pendatang Baru

Bagi kebanyakan industri, intesitas persaingan kompetitif adalah penentu utama daya saing industri.


4. Daya Tawar Pemasok.

Digambarkan sebagai pasar input. pemasok bahan baku, komponen, tenaga kerja dan jasa kepada perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan, ketika ada beberapa pengganti.


5. Daya Tawar Konsumen

Daya tawar konsumen juga digambarkan sebagai pasar output. kemampuan pelanggan untuk menenmpatkan perusahaan dibawah tekanan, juga akan mempengaruhi pelanggan kepekaan terhadap perubahan harga.

Analisis ini biasanya dilakukan dengan kombinasi dengan analisis Swot.


Berikut adalah Analisis M Porter pada Perusahaan kosmetik Makarizo


1. Ancaman Produk Pengganti.

Konsumen cenderung mengganti produknya karena kinerjanya lebih baik dan mudah ditemukan dipasaran. walaupun makarizo produk impor tapi saat ini pemasarannya tidak hanya sebatas di apotik saja melainkan dapat dijumpai di supermarket terdekat.


2. Ancaman Pesaing.
Untuk menghindari ancaman dari pesaing makarizo terus melakukan inovasi terbaru dari produknya untuk menhindari kejenuhan, meningkatkan kualitas dan tetap menekankan harga pasar yang dapat dijangkau konsumennya.

3. Ancaman Pendatang Baru.

Produk Makarizo sudah dikenal masyarakat sebagai produk impor jadi terjamin kualitasnya dan bisa bersaing dengan produk lainnya baik dari domestik maupun dari luar.


4. Daya Tawar Pemasok.

Pemasok bahan baku, komponen, tenaga kerja dan jasa kepada perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan, karena Makarizo produk impor jadi jelas secara keseluruhan menggunakan kualitas tinggi untuk memanjakan konsumennya.


5. Daya Tawar Konsumen.

Daya tawar konsumen agak tinggi diakibatkan harga yang ditawarkan sedikit agak tinggi dibandingkan produk domestik tetapi tetap bisa dijangkau dan sesuai dengan kualitasnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Navega